10 Alasan Yesus tidak mati di atas katu Salib

Yesus telah wafat

Adalah merupakan akidah Kristen bahwa Yesus telah mati diatas kayu salib menebus dosa mereka. Keyakinan saya Allah taala telah menyelamatkan Yesus dari kematian diatas kayu salib seperti halnya Dia menyelamatkan nabi-nabi lainya, sesuai sunahNya, orang mau membakar nabi Ibrahim a.s dan memasukkan nya kedalam api. Tetapi api itu didinginkan oleh Allah taala. Dr. Zwimmer menulis dalam “Rahasia Ajaib” bahwa Yeremiah diikat dengan tali lalu dibuang dalam sumur yang dalam, namun diselamatkan olehAlah”. Demikian pula Allah telah menyelamatkan tiga orang teman Daniel ketika mereka diikat dan disereret untuk dimasukkan dalam tanur yang sedang menyala-nyala (hal 67). Seperti itu pula orang-orang Yahudi ingin membunuh Yesus diasa kayu salib supaya terbukti bahwa ia terkutuk. Tetapi Allah taala manyelamatkannya dari kematian terkutuk itu, bahkan menjadikannya orang mulia. Singkatnya kematian Yesus di atas kayu salib tidak terbukti secara meyakinkan. Berikut dalil-dalil yang menjadi bahan pertimbangan bahwa Yesus tidak mati di kayu salib seperti berikut:

 

Pertama, Taurat mengatakan tentang pendusta yang mengaku jadi nabi: “Nabi atau pemimpi itu haruslah dihukum mati, karena ia telah mengajak murtad terhadap Tuhan, Allahmu…” (Ulangan 13:5). Lalu Taurat mengatakan: “Apabila seseorang berbuat dosa…terkutuk oleh Allah” (Ulangan 21: 22, 23). Almasih (Yesus) jelas menyatakan dirinya seorang nabi, sedang orang-orang Yahudi menganggapnya pendusta. Kalau, umpamanya, kita katakan orang-orang Yahudi menaikkannya diatas kayu salib dan mati diatas kayu salib tersebut maka kesimpulan logisnya ialah dia memang benar mati terkutuk diatas kayu salib (naudzubillah). Karena itu, maka orang-orang Kristen menganut akidah kematian Isa Almasih  diatas kayu salib dan mempercayainya terkutuk. Dikatakan: “Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: ‘Terkutuklah orang yang digantung pada salib!” (Galatia 3:13). Itikad Kristen ini salah sekali karena menarik kesimpulan Almasih (Yesus) tidak benar (naudzubillah) dalam pengakuannya sebagai nabi, malahan dusta dan mengada-ngada. Singkatnya, kematiannya diatas kayu salib itu menafikan atau membohongkan sesuai dengan rencana orang-orang Yahudi. Akan tetapi Almasih (Yesus) itu orang benar; oleh sebab itu akidah kematian diatas salib itu hanya hikayat belaka.

 

Kedua, Menurut pandangan Kristen, kematian Yesus di kayu salib itu adalah “suatu keharusan” karena melalui cara aneh ini dosa mereka tertebus. Menurut segi pandang injil, untuk meraih najat (keselamatan) kematian Almasih di atas kayu salib itu tidak diperlukan. Almasih mengatakan: “Di dunia ini anak Manusia berkuasa mengampuni dosa” (Matius 9:6). Keterangan Almasih ini diberikan ketika dia masih hidup. Jelas bahwa untuk menebus dosa, kematiannya diatas kayu salib bukanlah suatu keharusan.

 

Ketiga, Orang Kristen megatakan,  yesus terbunuh untuk menyelamatkan mereka agar menjadi penebus dosa mereka. Kalau tidak mati di salib berarti kabar suka dari Paulus dan kepercayaan orang-orang Kristen akan menjadi sia-sia. Saya mengatakan, memang benar Yesus tidak mati diatas kayu salib dan dakwah anda itu salah. Kematian diatas salib itu bertentangan dengan kehendak Allah dan dengan misi yang diembannya. Allah sendiri menyatakan:

 

“Sebab Aku menyukai kasih setia, dan bukan korban sembelihan, dan menyukai pengenalan akan Allah, lebih dari pada korban-korban bakaran” (Hosea 6:6). dan: “Pergilah dan pelajarilah arti firman ini: ‘Yang kukehendaki ialah belas kasih dan bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa” (Matius 9:13)

 

Jelas Allah menghendaki kasih sayang, bukan kurban, untuk memperoleh kasih sayang-Nya jalan satu-satunya ialah bertobat, yang untuk itu Yesus menyeru sepanjang hidupnya. Tidak ayal lagi kalau yesus mati di kayu salib, kematian demi menebus dosa manusia adalah berlawanan dengan kehendak Allah dan dengan kedudukan Yesus sendiri.

 

Keempat,  Dalam Injil Matius dikatakan:

 

“Jawaban nya kepada mereka: ‘Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam” (Matius12:39, 40)

 

Untuk mengetahui apakah Nabi Yunus tetap hidup dalam perut ikan atau maati, bacalah kata-kata Kitab Yunus yang mengatakan:

 

“Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam lamanya. Bedoalah Yunus kepada Tuhan, Allahnya, dari dalam perut ikan hiu” (Yunus 1:17 dan 2:1)

 

“Yesus telah memberikan contoh, mukjizat Nabi Yunus sebagai pegangan bagi keturunannya dan ini jelas Yunus masuk perut ikan dalam keadaan tetap hidup, tinggal dalam perut ikan juga dalam keadaan hidup keluar dalam keadaan hidup. Karenya Yesus juga harus dimasukkan ke dalam liang kubur dalam keadaan hidup, tinggal didalamnya hidup-hidup dan dikeluarkan juga hidup-hidup. Kalau tidak, janji Yesus dan satu-satunya mukjizat menjadi sia-sia. Hanya ada dua jalan bagi orang-orang Kristen; mengingkari kematian Yesus di kayu salib dan mempercayai bahwa dia diselamatkan dari kematian di kayu salib itu hidup-hidup, sesuai dengan kepercayaan kami. Dalam keadaan seperti ini nubuatan Almasih tetap genap dan akan terbukti pula mukjizatnya. Atau, tetap menganut akidah kematiannya diatas kayu salib dan ini berarti mereka membantah mukjizat tersebut. Tetapi perlu diingat bahwa menerima kepercayaan ini berarti nubuatan-nubuatan Yesus harus dikorbankan karena dia mengaitkan persamaan dengan mukjizat Yunus. Karena itu adalah tepat bila dikatakan bahwa Almasih sekali-kali tidak mati di atas kayu salib.

 

Kelima, Ketika Yesus mengetahui tentang kisah salib dan niat jahat orang-orang Yahudi, menurut Lukas: “Ia menjauhkan diri dari mereka kira-kira seperlemparan batu jaraknya, lalu ia berlutut dan berdoa, katanya: ‘Ya bapaku, jikalau Engkau mau, amilah cawan ini dari padaKu; tetapi bukanlah kehendakKu, melainkan kehendakMu-lah yang terjadi’. Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kapadaNya” (Lukas 22:41-43).

 

Almasih mendoa dengan segala kerendahan hati agar dia diselamatkan dari maut yang hina dan mengerikan. Cawan itu adalah cawan maut. Sekarang timbul pertanyaan: Apakah doa Yesus ini didengar atau tidak? Kalau didengar, kepercayaan bahwa dia mati di atas selib berarti batal. Sebaliknya kalau tidak didengar berarti diragukan apakah dia benar atau tidak, karena di dalam kitab Amsal dikatakan:

 

“Tuhan itu jauh daripada orang Faisl, tetapi doa orang benar didengarnya” (Amsal 15:29)

 

Yang sebenarnya adalah Allah taala telah mendengar ratap tangisnya , sesuai dengan kebiasaan dan sunnah-Nya. Almasih pasti diselamatkan dari kematian dia atas kayu salib yang terkutuk itu.

 

Keenam: Dalam “surat Kepada Orang Ibrani” dikatakan:

 

“Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangis dan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkanNya dari maut, dan karena keselahenNya ia telah didengar” (Ibrahinm 5:7)

 

ini adalah nubuatan dan keterangan kejadian yang sebenarnya. Nubuatan ini membenarkan ayat dalam Amsal seperti berikut:

 

“Takut akan TUHAN memperpanjang umur, tetapi tahun-tahun orang fasik diperpendek” (Amsal 10:27).

 

Nubuatan ini tidak dapat menjadi genap kecuali kita mengakui bahwa Yesus telah diturunkan dari tiang salib dalam keadaan hidup. Adalah disebabkan kabar suka ini Yesus tetap tenang-tenang saja sampai saat-saat terakhir, karena dia yakin tidak akan mati di atas tiang salib. Karena itu, ketika merasa kesakitan di tiang salib dia mengaduh: “Tuhanku, mengapa kau tinggalkan daku.” Dia mengingatkan Tuhan akan janjiNya; karena Allah selalu memenuhi janjiNya, maka menyelamatkan Almasih dari kematian diatas tiang salib. Orang melihat di dalam keadaan tidak sadar maka dikira mati, lalu ia diturunkan.

 

Ketujuh,  Dari Injil dapat kita mengetahui bahwa Allah telah menyediakan sarana-sarana luar biasa demi menyelamatkan Yesus dari cengkeraman maut. Diantaranya ada kejadian-kejadian ajaib digambarkan dalam kitab-kitab Injil. Satu diantaranya Tuhan telah memperlihatkan mimpi kepada idteri Pilatus, lalu dia meberitahukan kepada suaminya:

 

“Jangan engkau campuri perkara orang benar itu, sebab karena dia aku sangat menderita dalam mimpi tadi malam” (Matius 27:19)

 

tampak disini, Allah menghendaki supaya Almasih diselamatkan dari maut. Siapa yang bisa membendung iradah ilahi.

 

Kedelapan: Injil Matius menerangkan bahwa Almasih itu gembala Bani Israel.

 

“Dari padamulah akan bankit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umatKu Israel” (Matius 2:6)

 

Almasih juga mengatakan:

 

Aku diutus hanya kepda domba-domba yang hilang dari umat Israel (Matius 15:24)

 

 Ketika Almasih datang orang-orang suku-suku yahudi tersebar dimana-mana, diluar tanah airnya, dan “domba-domba keluarga Israel telah hilang.” Adalah kenyataan orang-oang Yahudi itu tersebar dari India sampai ke Ethiopia:

 

“Pada waktu itu juga dipanggillah para prajurit raja, dalam bulan yang ketiga-yakni bulan Siwan-pada tanggal dua puluh tiga, dan sesuai dengan segala yang diperintahkan Mordekhai dituliskan surat kepada orang Yahudi, dan kepada para wakil pemerintah, para bupati dan para pembesar daerah dari India sampai Ethiopia, seratus dua puluh tujuh daerah, kepada tiap-tiap daerah bangsa menurut bahasanya, dan juga kepada orang Yahudi menurut tulisan dan bahasanya” (Ester 8:9)

 

Kalau saja kita terima bahwa Yesus mati di atas salib dalam umur tiga puluh tiga tahun dan selesai masalahnya, berarti bahwa misinya sia-sia. Yang benar adalah Yesus telah diturunkan dari tiang salib dalam keadaan hidup dan dia menyampaikan pesan-pesan kepada berbagai suku dimana-mana.

 

Kesembilan: Almasih seraya mencela orang-orang Yahudi, mengatakan:

 

“Supaya kamu menanggung akibat penumpahan darah orang yang tidak bersalah mulai dari Habel, orang benar itu, sampai kepada Zakharia anak Berekhya, yang kamu bunuh diantara tempat kudus dan mezbah” (matius 23:55)

 

Sekiranya Yesus juga dibunuh diatas kayu salib oleh Orang Yahudi dan darahnya juga mengalir, niscaya dia sebut dan dijadikan kata pemutus. Tetapi dengan tidak menyebut hal itu, Yesus memang tidak bakal mungkin dibunuh oleh orang-orang Yahudi di atas kayu salib. Menyebut darahnya sendiri seharusnya diutamakannya.

 

Kesepuluh,  Di dalam kitab-kitab injil yang lebih banyak dikemukakah adalah kata-kata ALmasih tentang penderitaan-penderitaannya. Sebelum kejadian itu terjadi dan mengatakan

 

  1. “Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga anak Manuasi akan menderita oleh mereka” (Matius 17:12).
  2. “sebab sama seperti kilat memancar dari ujung langit yang satu ke satu ujung langit yang lain, demikian pula-lah kelak halnya Anak manusia pada hari kedatanganNya. Tetapi ia harus menanggung banyak penderitaan dahulu dan ditolak oleh angkatan ini” (Lukas 17: 24,25)
  3. “Aku sangat rindu makan paskah ini bersama sama dengan kamu, sebelum aku menderita” (lukas 22:15)

 

Sesusah kejadian peristiwa salib, dia mengatakan: “Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatiku, sehingga kamu tidak percaya atas segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi! Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemulian-Nya?” (Lukas 24: 24, 26)

 

Dari kata yang jelas diatas menadi jelas seterang matahari bahwa Almasih hanya harus memikul  penderitaan; sedudah itu akan memperoleh keselamatan, dan tak akan mengalami maut diatas kayus alib. Sebutan tentang kematian dan pembunuhan lebih bersifat kutipan-kutipan. Adapun kata mati yang disebutkan dalam berbagai riwayat dikemukakan secara berlebih-lebihan. Kedua keterangan dapat diterapkan begini: memikul penderitaan yang keras disebut juga sebagai maut. Paulus mengatakan:

 

“Saudara-saudara, tiap-tiap hari aku berhadapan dengan maut. Demi kebanggaanku akan kamu dalam Kristus Yesus, Tuhan kita, aku katakan, bahwa hal ini benar” (I Korintus 15:31)

 

 

Oleh: Abul Ata Jalandhari, dalam bukunya Debat Kairo, Islam vs Kristen,

halaman48-56

72 Tanggapan

  1. Bisa jelaskan kronologis kemana Yesus pergi?
    Kalau tidak di Salib, lalu bagaimana ceritanya?
    Saya minta berdasarkan Alquran, tolong secara detail selengkap Alkitab.
    GBU

  2. What You know its just shit!!!!!!
    Fuck you!!!!!

  3. hahahaa…..kentara sekali kamu gak memahami kitab suci orang kristen dengan baik..tafsirannya ngawur banget…semabarangan….udah lewat masanya..gontok-gontokan kaya gini…klo mau dialog dengan penganut agama lain bukan sifatnya menyerang kaya gini…zamannya dah menuntut kita hidup berdampingan secara damai dan benar,tulus dan jujur satu sama lain apapun agamanya…yang terpenting adalah renungkanlah sejauh mana ajaran agama kita masing-masing mampu membuat hidup kita lebih berarti bagi orang lain…

  4. di dalam kitab suci kristiani tidak disebutkan satu kalipun nama nabi muhamad, sedangkan di dalam Alquran, Isa Almasih disebutkan berkali-kali. mengapa? ada apa? maksudnya apa?

  5. Kematian Yesus Kristus sudah dinubuatkan dan dijanjikan Allah sejak ribuan tahun sebelum Yesus lahir. Jadi kalau anda percaya Allah kemudian menyelamatkan Kristus dari kematianNya di kayu salib sama artinya anda mengatakan Allah itu plin plan dan tidak menepati janji.

    Kalau anda mau membuka diri dan mempelajari sejarah yahudi, pengikut2 Yesus termasuk ke-12 murid yg dekat denganNya tadinya mengira bahwa Yesus adalah mesias yang ada dalam persepsi mereka, yaitu seorang mesias yang akan menjadi pemimpimpin bangsa yahudi yg akan menjadi raja yang akan membela dan menyelamatkan mereka dari penindasan bangsa Romawi. Mereka sama sekali tidak mengerti ucapan2 Yesus mengenai kematianNya di kayu salib sebagai karya penebusan.

    Dan ketika Yesus disalibkan, para murid dan pengikut Yesus sangat sedih dan kecewa karena ternyata orang yang mereka anggap mesias, jangankan untuk membela bangsa Yahudi, membela diriNya saja tidak mampu.

    Barulah ketika Yesus bangkit, mata para pengikut dan muridnya terbuka dan mengerti arti mesias yang sebenarnya. Barulah mereka mengerti ajaran2 Yesus selama itu bahwa mesias datang bukan hanya untuk menyelamatkan mereka dari penindasan tetapi justru menyelamatkan mereka dari maut.

    Seandainya pada waktu itu Yesus memang tidak mati dan diselamatkan oleh Allah, pertanyaannya kenapa Yesus tidak memberitahukan hal itu kepada para pengikut dan murid2nya. Tega bener Yesus dan Allah membiarkan murid2nya dalam kekecewaan dan ketidaktahuan mereka mengingat selama hidup Yesus, para murid selalu menyertai kemanapun Dia berada…

  6. Bilang Yesus digantikan Yudas oleh Allah dan membuat tentara Roma serta murid2 Yesus “buta” itu sama saja bilang : Tuhan itu penipu.

    Dan sama saja mengatakan : Tuhan takut “nabi”nya mati di kayu salib. Ini bukan hanya aneh, tapi juga bodoh.

    Justru dengan kematian dan kebangkitan Yesus membuktikan bahwa maut itu di tangan Tuhan.

    gheetoo loh!

  7. ehmmm.. meski saya mualaf, saya tidak berani mengoreksi iman kristiani loh, padahal itu keyakinan saya sebelum memeluk islam. itu refleksi dari rasa hormat dan cinta saya pada Muhammad saw, pada Isa as, pada nabi-nabi lainnya dan pada orang-orang sholeh setelah mereka..

    keyakinan adalah ruangnya hati, tidak hanya ruangnya dalil dan teks-teks kitab suci. tetap junjung tinggi toleransi, hormati dan hargai itu..

    salam,

  8. Koreksi Al Quran terhadap Injil itu merupakan kepercayaan Islam. Ahmadi pun dengan berani mengkoreksi kepercayaan Islam yang tertulis di Al Quran.
    Nah… pantasnya Ahmadi jangan ndompelng nama Islam.
    Salam,

  9. basi bgt sih tulisan kek gini

    dah ribuan bahkan jutaan tulisan kek gini yg di tulis di seluruh dunia..
    tapi nggak sedikitpun menggoyahkan kekristenan…

    giliran islam di colek dikit..langsung ngamuk2…marah2..bakar sana bakar sini..

    ga usah ribut2 ngurusin Yesus ngapa…

    urusin aja urusan sendiri..agama sendiri..

  10. “Katakanlah (Muhammad), ‘panggillah mereka yang kamu anggap (tuhan)selain Allah, mereka tidak kuasa untuk menghilangkan bahaya darimu dan tidak (pula) mampu mengubahnya’. Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan sendiri kepada Tuhan siapa yang lebih dekat (kepada Allah). Mereka mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan Azab-Nya. Sungguh azab Tuhanmu itu sesuatu yang harus ditakuti.” (Q.S. Al-Isra:56-57)

    Saudaraku, dalam ayat di atas jelas bahwa orang-orang yang kalian serukan sebagai Tuhan adalah juga seorang manusia biasa yang tidak dapat menghilangkan bahaya, yang dia sendiri juga takut akan azab dan mengharapkan rahmat dari Allah.

  11. Nurut saya sih gini yah:

    Tanah surga itu tanah yang bebas dari dosa dan tidak ada pendosa yang bisa masuk sana.
    Definisi pendosa adalah orang yang berdosa alias PUNYA SATU DOSA SAJA sudah masuk dalam kategori ini.

    Semua pendosa akan mati (masuk neraka).
    Jadi kalau Yesus tidak menebus (dengan cara mati dooooong jelasnya) tidak akan ada orang yang masuk surga.

    Memangnya dosa bisa dihapuskan dengan perbuatan baik?
    Saya rasa tidak….

    Coba aja loe bunuh ibu loe sendiri… trus berbuat baik sebanya-banyaknya… memangnya dosa loe tertutup/terhapuskan. Gak kan?

    Makanya…. Kalo Yesus gak mati di kayu salib… kita semua masuknya ke neraka om.

    Waktu mati Yesus menunjukan KASIH nya kepada kita.
    Dan dia bangkit lagi menunjukan KUASANYA dan PENGHARAPAN bagi kita.

    Amin?

  12. Dulunya saya agama buddha….

    Saya tidak menjelekan mereka… bahkan menurut saya ajaran mereka itu bagus banget.
    Tapi sayangnya untuk masalah SURGA atau NERAKA mereka cuma memakai hukum karma. Hasil perbuatan diri sendiri.

    Perbuatan Semasa hidup (ditimbang) = SURGA or NERAKA

    Tidak ada kasih dalam persamaan di atas
    Padahal Tuhan menciptakan kita dengan penuh KASIH.

    Dalam kristen, persamaannya gini.

    Semua manusia pernah berdosa dan semua pendosa masuk neraka.
    Kita manusia = Kita ke neraka
    Tapi karena KASIH YESUS maka
    Manusia (pendosa) + Yesus (penebus dengan Kasihnya) = Surga

    Gitu aja sih.
    Makanya saya menemukan pengharapan dalam hidup ini.
    Kalo gak dibantu Yesus… Jangan harap deh bisa masuk surga.

  13. Boleh nanya mas?
    Pernah lihat film the passion of christ?
    nah Anda senang atau sedih melihat penderitaan Yesus disalib?
    Sepatutnya anda senang dong melihat dia menderita karena disalib karena itu kan dalam rangka menebus dosa-dosa anda…

    ALIF

  14. Pada intinya imanmu yang akan menyelamatkan…

    saya mohon dengan sangat…untuk teman2 semua baik yg Kristen maupun non Kristen…jangan pernah mendebatkan keyakinan yang jelas2 berbeda…saya jadi heran klo melihat seseorang beragama Islam mendebat ajaran agama Kristen (misalnya karena ada ajaran Isa juga di dalam Al Quran)….atau sebaliknya orang Kristen mendebat ajaran Islam, menurut saya mendebat boleh kalo memang dia mempelajari ajaran Kristen begitu juga sebaliknya…saya jadi malah bertanya2 sebenarnya agama yg kalian yakini itu apa…???klo Islam kok mempelajari agama Kristen…ato sebaliknya orang Kristen kok mempelajari ajaran Islam?????tujuannya apa???
    klo untuk membandingkan agar mendapatkan keyakinan bahwa iman apa yang sesuai untuk diri kita masing2 sih oke…tapi klo tujuannya untuk menjelek2kan agama lain mah…jangan deh…sama halnya anda memupuk dan menambah dosa…semua agama baek semua…tapi yg pas cuma satu aja…klo ga pas ya bikin aliran baru…tapi jgn pake nama/berlindung di salah satu agama…keyakinan ga boleh dipaksakan itu adalah hak yg paling asasi…kalo anda ingin meyakini satu agama ya sudah pelajarilah apa yg anda yakini…ga diyakini kok dipelajari….untuk yang pernah pindah agama…baeklah jika anda2 tidak menjelek2kan agama yg sebelumnya diyakini…karena bagaimanapun juga anda pernah menganggap agama yg sekarang sdh anda tinggalkan adalah agama yg pernah sesuai dengan hati anda walopun sekarang sdh berubah…kita jadi kita sekarang karena ada kita kemaren…iya bukan..? yang membuat suatu agama dianggap jelek adalah karena orang2 penganutnya yg dengan mengatas namakan agama melakukan suatu tindakan yg tidak terpuji atau melanggar perintah Allah

    mengenai Yesus Mati di Salib atau bukan….klo anda meyakini Yesus Mati di Kayu salib untuk menebus dosa dunia ya sudah…ga salah kok menyakiniNya…berarti itu benar bahwa Yesus masih hidup…dalam artian Yesus masih hidup di dalam hati orang2 yg percaya ajaranNya, tapi kalo anda tdk percaya klo Yesus mati di kayu salib itu juga tidak salah…makanya anda tidak menjadi pengikutnya…klo anda masih ragu/penasaran dan masih mempertanyakan apakah Yesus mati di salib…hendaklah anda introspeksi diri kembali….itu berarti anda masih ragu dengan agama yg anda anut sekarang terlepas anda kristen atau non kristen (dalam hal ini mungkin Islam )karena Ajaran Isa ada di Kitab Suci kedua agama ini..

    klo anda menganut paham monotheis…sebaiknya anda tidak usah memperdebatkan siapakah nabi2 yang benar…tapi cuma satu junjungan kita yaitu TUHAN YANG ESA…karena saya yakin diluar sana tanpa disadari dan diketahui(terbatas oleh pengetahuan kita) banyak sekali aliran2 keyakinan yang walopun mereka mengakui bahwa Abraham,Nuh,Musa,Daud dll. adalah seorang Nabi tapi mereka tidak beragama Kristen atau Islam iya ngga?

    Nah tentang Yesusu yang Mati di kayu salib…
    jujur aja…ketika saya nonton film the passion of the christ saya sedih…sedih karena terharu…itu dikarenakan… saya melihat sesosok Yesus yang menurut pengetahuan saya Dia tdk pernah menjelek2 kan orang dari golongan lain dan bahkan tanpa salah dan dosa…dan Dia adalah orang benar…mengorbankan diriNya menderita,sengsara,dianiaya oleh orang2 berdosa (yang menganggap diri mereka sendiri tak berdosa )demi menghapus/menebus dosa2 manusia termasuk orang2 yg menganiaya Dia itu semua karena KASIHNYA kpd kita manusia…betapa mulia hatiNya…. itulah sebenarya inti ajaraan kasihnya…mencintai sesama tanpa pandang bulu dengan agama dan golongan…dan inilah yang membuat saya merasa kecil dan malu dihadapanNya,saya sebagai manusia biasa yg beriman kepadaNya belum tentu mampu melakukannya Dia tidak mengajarkan dendam jg…itu sesuai jg dengan isi 10 Perintah Allah “Jangan membunuh”…jikalau kamu ditampar pipi kiri berikanlah pipi kirimu”.klo kita membalas…jadi apa bedanya kita dengan orang yg menganiaya kita…iya kan…dan hal membalas ini jangan dijadikan sama dengan membela diri lho…beda jauh…

    Nah sekarang klo kita menjadi senang dan bersorak sorai karena Dia (Yesus) yang tanpa salah dan dosa dianiaya, sengsara dan menderita ini untuk menebus dosa2 kita manusia ooohhh…betapa picik,tak berperasaannya, dan teganya saya…itu sama halnya kalo saya bersalah (misalnya mencuri,merampok, membunuh,memperkosa dll..yg dianggap sebagai perbuatan yg mengakibatkan dosa)tetapi saya menyerahkan orang tua saya atau sodara saya atau orang lain ke segerombolan orang(untuk dijadikan kambing hitam)untuk dianiaya dan disiksa karena kesalahan2 yang telah saya perbuat…itu sama halnya dengan saya bersenang2 di atas penderitaan orang lain dan bahkan mungkin sodara kita sendiri….

    agamaku ya agamaku, agamamu ya agamamu…jangan dicampur aduk…

    marilah kita pupuk amal baik kita selama hidup di dunia ini sehingga nantinya kita dapat hidup bersama dengan TUHAN disurga dalam damai,tunjukkanlah kepada dunia dimulai dari komunitas yg paling kecil yaitu kluarga bahwa apa yg kita yakini itu benar untuk kita masing2 karena benar untukku belum tentu benar untukmu…dan hanya imanmu yg akan menyelamatkan….dan hanya satu Tuhan yang kita sembaha yaitu Tuhan yang SATU dan ESA

    salam damai…

  15. lanjutan….

    apa gunanya qta diajarkan rasa toleransi, hirmat menghormati,menghargai perbedaan?

    Tuhan menciptakan dunia dan isinya secara unik berbeda satu dengan yg lain…ntuk itulah qta diajarkan rasa toleransi, hormat menghormati,menghargai perbedaan dsb..agar qta dapat hidup rukun dan damai tentram berdampingan dengan orang2 yang berbeda2, dan isi dunia yg beaneka ragam….marilah kita bersama2 tujukkan walopun kita berbeda suku agama dan negara tetapi kita dapat hidup rukun damai tentram sejahtera seperti yg mjd keinginan dan cita2 kita…dan sesuai dengan ajaran agama qta masing2…perbedaan itu indah…

    salam damai…ovia…

  16. Quote Ovia:
    apa gunanya qta diajarkan rasa toleransi, hirmat menghormati,menghargai perbedaan?

    Jawab:
    Maaf jika saya punya pendapat lain dari Anda. Dalam agama Islam perbedaan adalah karunia Allah, lain dari penyimpangan. Tidak ada toleransi dalam penyimpangan/penyesatan agama. Penyimpangan/penyesatan adalah jika orang mengaku Islam tapi pada kenyataannya adalah bukan. Kalo mereka mengaku sbg agama lain kami tidak keberatan.
    Kami, muslim sangat menghargai perbedaan di luar agama Islam, seperti dicontohkan oleh Nabi kami Muhammad SAW. Itu saja.

  17. saya sependapat dgn anda dalam hal tersebut “janganlah pake nama agama lain untuk berlindung kalo memang keyakinannya/ajarannya berbeda” benar begitu bukan…??? kenapa mereka “nebeng” ke salah satu agama hal itu mungkin karena di Indonesia cuma dibatasi hanya 5 agama dan kepercayaan saja yang mungkin membuat salah satu aliran secara kasarnya “nebeng” ke salah satu agama karena mempunyai ajaran atau dasar aliran hampir mirip…makanya coba kalo di Indonesia ga dibatasi cuma 5 agama saya yakin suatu aliran yang lain(selain 5 agama yg ada di Indonesia)tdk akan memakai salah satu nama agama yg sudah ada…

  18. Quote Ovia:
    karena di Indonesia cuma dibatasi hanya 5 agama dan kepercayaan saja

    Jawab:
    Saya pikir Islam sendiri nggak membatasi kepercayaan / agama. Jadi kalo satu ajaran (contoh Ahmadiyah) mau nyebut diri Ahmadiyah dan dengan jelas mengakui diri sendiri bukan Islam, semua ummat Islam sedunia nggak keberatan. Masalahnya Jemaat Ahmadiyah Indonesia sendiri nggak mungkin nyatakan di luar Islam, sebab Ahmadiyah internasionalnya aja masih ngaku2 Islam. Begitu, menurut saya, entah yang Ahmadi kalo ada keberatan.

  19. aduh lupa mo komentar apalagi…ya????

  20. Soal Ahmadiyah punya pandangan beda dengan umat muslim lainnya, biar aja deh. Kenapa musti diributin segala? Semua orang ingin memberitahukan “kebenaran”.. Semua orang menganggap menafsirkan Alqur’an secara benar, ya sudah!. Yang gw gak ngerti kenapa bisa2nya menganggap yang “lo” salah, yang “gue” benar. Akhirnya kan cuma Allah yang tahu. Menurut gue, jalanin aja ibadah masing2, gak usah ngeributin urusan orang lain. Masih banyak kerjaan lain yang harus dipikirin. Malu dong ditontonin ama orang non muslim, pastinya mereka ngecemohin.

  21. aq setuju ama Jack….

  22. setauku siyh ya,,,

    Yudas ituh mati gantung diri, sebelum Yesus mati di salibkan,,

    gara2 nyesel udah nyerahin Yesus buat di salibkan,,,

    kog dy bisa tiba2 gantiin Yesus??

    gimana critanya??

  23. buat jesusinlife,,,

    udah di jawab belum pertanyaan mu??

    ak pgn tau jawabanya,,,

  24. Buat rekan-rekan Kristiani saya mohon maaf jika tulisan ini telah menyinggung keimanan seudara-saudar semua. ya inilah dialektika,dari persfektif saya ya ini, ini keyakinan saya jika ini salah ya diralat. saya menulis ini bukan bearti menunjukkan ketidak toleran saya. sejauh hubungan masnusia kita harus saling menhormati, tetapi saling koreksi bukan berarti suatu hal yang perlu dimarahkan. saya tak ubahnya seperti Yesus ketika bertabligh kepada orang-orang Yahudi yang sudah mapan, atau seperti nabi Muhammad yang bertabligh kepada orang-orang kafir Quraisy terhadsap keyakinan baku masyaratakt padsa waktu itu saru sisi rasulullalh menentang keras kepercayaan orang-orang kafir, tetapi sisi lain rasulullah juga bertolerasni dalam batas-batas hidup bermasyarakat. karena secara islam memang laa ikrohaa fiddin, tidak ada paksaaan dalam beragama. soo…keep calm..

  25. Quote:
    Soal Ahmadiyah punya pandangan beda dengan umat muslim lainnya, biar aja deh. Kenapa musti diributin segala? Semua orang ingin memberitahukan “kebenaran”.. Semua orang menganggap menafsirkan Alqur’an secara benar, ya sudah!. Yang gw gak ngerti kenapa bisa2nya menganggap yang “lo” salah, yang “gue” benar. Akhirnya kan cuma Allah yang tahu. Menurut gue, jalanin aja ibadah masing2, gak usah ngeributin urusan orang lain. Masih banyak kerjaan lain yang harus dipikirin. Malu dong ditontonin ama orang non muslim, pastinya mereka ngecemohin.

    Jawab:
    Maaf Sdr Jack ya,
    Masalah keyakinan diri sendiri yang beda itu nggak masalah dalam Islam. Tapi kalo yang menyangkut pernyataan diri bahwa Ahmadiyah itu Islam, ini kami keberatan.
    Seperti sdr tahu perpecahan dalam Kristen dal lain2 itu menyangkut jemaat. Kalo satu jemaat bilang. saya ini Katolik / Protestan / yang lain, tapi jemaatnya berbeda alias tidak mau berbaur dalam beribadat. Ini khan bikin bingung orang. Kalo dia pake nama agama / kepercayaan yang beda, kita juga khan nggak keberatan. Gitu lhooo.

  26. Nabi Lama:
    “Kalo dia pake nama agama / kepercayaan yang beda, kita juga khan nggak keberatan.”

    Kita??? elo aja kali..gue nggak…

  27. @nabi lama:

    Masalah yang “KEBERATAN” anda itu apa kalau ahmadiyah merasa benar? Saya mau tanya apakah ahmadiyah “BERKEBERATAN” dengan pendirian anda? – apa sih yg dipusingin? Kenapa anda gak bersikap itu urusan masing2 sama Tuhan.

    “Ini khan bikin bingung orang”.

    Kalau anda bingung, kenapa bisa2nya nyalahin orang? belajar lebih banyak dong sampai bingungnya ilang. Kalau masih bingung juga, tanya aja ama Tuhan, masa sih Tuhan gak jawab!!.

    Saya juga masih tahap belajar krn bingung, tp saya gak berani bilang mereka sesat / salah. Maksudku, jangan sampai amal ibadah anda yg sudah banyak jadi hilang, hanya semata-mata nuduh orang sesat. Gituuuu..

  28. Quote:
    Masalah yang “KEBERATAN” anda itu apa kalau ahmadiyah merasa benar?
    Jawab:
    Masalah mereka meyakini bahwa Ahmadiyah benar, saya nggak mau campur. Yang jadi keberatan seperti saya tulis berulang2:
    “pernyataan diri bahwa Ahmadiyah itu Islam”.

    Quote:
    apa sih yg dipusingin?
    Jawab:
    Balik ke jawaban saya di atas.

    Quote:
    Saya juga masih tahap belajar krn bingung
    Jawab:
    Yah… sama2 belajar juga toh..

    Quote Alif:
    Kita??? elo aja kali..gue nggak…
    Jawab:
    Bahasa gaulnya ‘kita’, ya.. saya lah. Salah2 dikit nggak pa khan?

  29. nabi lama:

    Emangnya anda tahu kalau Tuhan berkeberatan atawa gak? Agama Islam kan bukan milik anda pribadi. Kalau mobil anda di klaim oleh orang lain, nah boleh protes.

    Kalau masih belajar (terutama agama), gimana kalau anda belajar jg utk gak gampang nuduh orang sesat, bisa2 dimata Tuhan malah anda yg sesat. nah lo!!..

    Yang punya blog ini tugasnya kan berdakwah, terserah mau diterima atawa gak ama pembaca. Nah anda sbg pembaca yg msh belajar, kalau gak jelas tanya, kalau udah jelas dan gak cocok ama pendapat anda, ya udah.

    Bisa2 anda kena penyakit yg berat krn “keberatan” mulu. Hidup ini udah susah, ditambah susah aje deh.

  30. Masalah Tuhan keberatan, apa Sdr Jack juga tahu?
    Kami khan pengikut Nabi SAW, sudah ada petunjuk bahwa yang namanya Islam itu sudah jelas ajarannya. Simpel aja, saya umpamakan aja begini, kaki Sdr keinjek apa Sdr diam aja? Kita ini terusik dengan adanya Ahmadiyah yang mengaku Islam, apa Sdr harap kami diem2 aja?

    Betul, yang punya blog ini berdakwah, makanya di kasih ruang buat komen itu kan supaya bisa saling tukar dakwah juga khan? Kenapa takut? Masalah cocok atau nggak, ya itu khan pada akhirnya tergantung yang mana yang paling kuat / lemah argumennya.

    Nggak susah kok. Sama2 seneng juga. Ya nggak Bung Jusman?

  31. Nabi lama:
    keinjek kaki sendiri pasti ngejerit dong. Tapi kan Islam bukan punya anda pribadi. Justru gw gak tahu Tuhan bakal berkeberatan atawa gak, yah makanya gue gak mau nuduh mereka sesat atau gak, karena itu hak Tuhan bukan hak gue. Gue kan udah bilang, itu mah urusan masing2 ama Tuhan.

    Yang punya blog ngedakwah, anda silahkan kalau mau dakwah balik, tp tulisan anda gak jauh dari ‘SESAT, BERKEBERATAN, JADI AGAMA AHMADIYAH AJA.. Buntut2nya kalau anda gak percaya pasti bung Jusman juga akan bilang ‘TERSERAH AJA KALAU ANDA GAK PERCAYA”. Di blog ini kan bisa jadi pertemanan, tp kalau satu pihak dibilang sesat mulu, anda cari musuh namanya.

    Ok, gw gak akan memperpanjang perdebatan dengan anda, buntut2nya jadi cuma sekitar monas. Koreksi dulu diri sendiri, apalagi kalau masih belajar.

  32. Setuju J&W, orang2 ini cuma bisa mengkritik doang……jangan2 mereka yang menyesatkan….

  33. dimana-mana nabi lama cuma bisa bilang sesat, berkeberatan. Who the hell you think you are?

  34. Quote Alif:
    Kita??? elo aja kali..gue nggak…
    Jawab:
    Bahasa gaulnya ‘kita’, ya.. saya lah. Salah2 dikit nggak pa khan?
    ———-

    Dari dulu salah mulu…
    Nabi lama nih kayaknya anak KUPER…

  35. Ok lah..
    Yang jelas dari hati saya yang paling dalam, saya mendakwahkan Islam yang dibawa Nabi SAW, khatamun nabiyyin, penutup dari kenabian.
    Masalah Ahmadiyah ini jadi topik saya, Shadow dan teman2 lainnya di sini dan blog lainnya guna berdakwah Islam yang sebenarnya. Buat Ahmadi kami memang dianggap duri buat mereka, padahal upaya kami adalah membuka mata hati mereka untuk bisa melihat dengan jernih tentang kepercayaan yang mereka anut. Spt saya sering sebutkan di atas Ahmadiyah adalah bukan Islam bagi kami, dan seharusnya juga buat mereka. Kalo mereka kukuh dengan kepercayaan Islamnya mereka (Ahmadiyah) maka jangan menamakan diri / mengaku2 Islam, secara resmi. Terserah buat Ahmadi untuk mengikuti ajaran Islam, karena itu hak mereka untuk percaya dan tunduk pada nabinya, MGA. Masalahnya buat kami nama Islam adalah ajaran yang kami anut yang disampaikan Nabi SAW sebagai nabi penutup dan tidak ada ajaran lain yang baru selain Islam hingga hari akhir / kiamat tiba.

    Kalo para Ahmadi mau jujur pada diri sendiri, kenapa mereka tidak membuka diri untuk berbaur dengan muslim lainnya? Itu yang ditakutkan oleh pemimpin2 Ahmadiyah. Karena keluar dari Ahmadiyah secara formal buat mereka adalah MURTAD. Walau, di “http://denagis.wordpress.com/” jelas2 Deden bilang Ahmadiyah adalah organisasi, berbeda 180 derajat dengan pengakuan2 dari orang2 yang sudah keluar dari ajaran ini.
    Wallahualam.
    Wassalam,

  36. Nabi Lama:
    “Buat Ahmadi kami memang dianggap duri buat mereka”

    salah !
    bukan duri tapi sejenis pupuk kotoran yang berfungsi menyuburkan tanaman.
    hehehe..

  37. Quote alif:
    bukan duri tapi sejenis pupuk kotoran yang berfungsi menyuburkan tanaman.
    hehehe..

    jawab:
    haaa…haaa…haaa doktrin ini lagi :D khan gw sdh jawab di isnandi kalau kotorannya adalah ahmadi sendiri :D
    Apa sudah pikun lif :D
    baca lagi di isnandi lif :D

  38. quote nabi lama:
    Masalahnya buat kami nama Islam adalah ajaran yang kami anut yang disampaikan Nabi SAW sebagai nabi penutup dan tidak ada ajaran lain yang baru selain Islam hingga hari akhir / kiamat tiba.

    Jawab:
    HANYA ALLAH YANG TAHU.

  39. To Alif:
    Apa kau sudah bingung mau jawab apa lagi???

    quote Jack:
    HANYA ALLAH YANG TAHU.
    jawab:
    Ya, Mas Jack bisa dapetkan di Tadzkirah atau apa ya?

  40. Nabi Lama:
    “Masalahnya buat kami nama Islam adalah ajaran yang kami anut yang disampaikan Nabi SAW ”

    ngaku-ngaku sih boleh aja sebagai pengikut Nabi SAW, tapi di hari berbangkit nanti apakah Nabi SAW mengakui anda sebagai pengikutnya??
    Pede aja lagi…
    hihihi..

  41. quote:
    Buat Ahmadi kami memang dianggap duri buat mereka,

    jawab:
    Makanya jangan bertindak kaya duri dong. Mendingan anda sibukin diri aja ama pekerjaan sehari-hari yg lebih penting. Udah gak usah mikirin keyakinan orang lain, buntut2nya anda yg kesal, terus sakit. Kalau ahmadiyah salah bukan urusan anda, dan jika anda yg benarpun bukan urusan ahmadiyah. TIDAK ADA PAKSAAN DALAM AGAMA (quote Jusman), nah pikirin deh. Dari awal komentar gw ini cuma bilang urusan agama, itu urusan individu.

  42. Quote Afif:
    ngaku-ngaku sih boleh aja sebagai pengikut Nabi SAW, tapi di hari berbangkit nanti apakah Nabi SAW mengakui anda sebagai pengikutnya??

    Pede aja lagi…

    Jawab:
    Insya Allah, seperti yang dijanjikan oleh Beliau. Buat Akang khan pengikut nabi MGA, ya… ikut dia aja…

    Emang kami pede kok, apa Kang Alif nggak pede?

    Simpel aja Kang, buat kami Islam adalah agama yang kami anut. Yang Akang anut adalah Ahmadiyah, yang bukan Islam menurut kami. Terserah buat Akang, yang jelas jangan namain Islam di Indonesia ini.

    Quote Jack:
    Makanya jangan bertindak kaya duri dong. Mendingan anda sibukin diri aja ama pekerjaan sehari-hari yg lebih penting. Udah gak usah mikirin keyakinan orang lain, buntut2nya anda yg kesal, terus sakit. Kalau ahmadiyah salah bukan urusan anda, dan jika anda yg benarpun bukan urusan ahmadiyah. TIDAK ADA PAKSAAN DALAM AGAMA (quote Jusman), nah pikirin deh. Dari awal komentar gw ini cuma bilang urusan agama, itu urusan individu.

    Jawab:
    Itu yang jadi maunya Ahmadi… Diem aja…
    Kita khan dakwah juga disini.
    Ahmadiyah sendiri bukan urusan saya. Tapi selama dia bilang dia itu Islam, nah ada overlap ke kepercayaan kami, maka kami ada urusan disini. Lha kalo dia Islam, kita dianggap apa dong??? Kafir???

    “Tiada paksaan dalam agama” adalah antar umat beragama. Tapi kalo menyangkut Islam, atau yang ngaku2 Islam, seperti Ahmadiyah, kami menjalankan apa yang dicontohkan Nabi SAW, kami harus membasminya. Kecuali kalo mereka nyatakan mereka bukan Islam.

  43. Nabi lama:
    “Tiada paksaan dalam agama” adalah antar umat beragama. Tapi kalo menyangkut Islam, atau yang ngaku2 Islam, seperti Ahmadiyah, kami menjalankan apa yang dicontohkan Nabi
    SAW, kami harus membasminya

    Apakah pernah ada contoh dari Nabi SAW ?
    Coba anda ceritakan contoh Nabi SAW tsb ketika membasmi yang ngaku-ngaku Islam..
    Jangan-jangan anda asal ngomong dan itu artinya anda sudah memfitnah Nabi SAW,
    mengaku pengikut Nabi SAW tapi berani sekali memfitnah Nabi SAW ?

    saya tunggu bukti tsb…
    kalau tidak bisa..
    sekarang coba hitung berapa kali kamu tidak bisa membuktikan ucapan-ucapan anda sendiri? dan anehnya masih saja tidak ada rasa MALU dengan terus mengoceh tentang ahmadiyah…
    nabi Lama apa yang kamu ucapkan dan kamu fitnah, Insya Allah semua akan dimintai pertanggung jawabannya kelak…
    takutlah akan Tuhan, Nabi lama…

  44. quote:
    kami menjalankan apa yang dicontohkan Nabi
    SAW, kami harus membasminya

    Jawab:
    Oooh begitu yah yg ngaku2 muslim? Bukankah itu kelakuan teroris?

    quote:
    Kita khan dakwah juga disini.

    jawab:
    Dakwah kebencian? dakwah membasmi? – Mendingan anda membasmi pikiran / rasa negative diri anda sendiri deh.

    quote:
    Lha kalo dia Islam, kita dianggap apa dong??? Kafir???

    jawab:
    Silahkan saja kalau mau anggap diri kafir.

  45. (http://muhlis.files.wordpress.com/2007/08/islam-masa-khulafaur-raosyidin.pdf)

    Gerakan riddat (gerakan belot agama), bermula menjelang Nabi Muhammad jatuh sakit. Ketika tersiar berita kemangkatan Nabi Muhammad, maka gerakan belot agama itu meluas di wilayah bagian tengah, wilayah bagian timur, wilayah bagian selatan sampai ke
    Madinah Al-Munawarah serta Makkah Al-Mukaramah itu sudah berada dalam keadaan terkepung. Kenyataan itu yang dihadapi Khalifah Abu Bakar.
    Gerakan riddat itu bermula dengan kemunculan tiga tokoh yang mengaku dirinya Nabi, guna menyaingi Nabi Muhammad SAW, yaitu: Musailamah, Thulhah, Aswad Al-Insa.
    Musailamah berasal dari suku bangsa Bani Hanifah di Arabia Tengah, Tulaiha seorang kepala suku Bani Asad, Sajah seorang wanita KRISTEN dari Bani Yarbu yang menikah dengan Musailamah (Afandi dkk, 1995:94-95). Masing-masing orang tersebut berupaya
    meluaskan pengikutnya dan membelakangi agama Islam.
    ……
    Abu Bakar sebagai seorang Khalifah, tidak mendiamkan kejadian itu terus berlanjut. Beliau memandang gerakan murtad itu sebagai bahaya besar, kemudian beliau menghimpun para prajurit Madinah dan membagi mereka atas sebelas batalian dengan komando masing-masing panglima dan ditugaskan keberbagai tempat di Arabia. Abu Bakar menginstruksikan agar mengajak mereka kembali pada Islam, jika menolak maka harus perangi.

  46. SI Nabi lama berusaha mencari pembelaan..
    mana contoh dari Nabi SAW??
    gw ngga nanya cerita ABu Bakar..
    Anda ini terbukti cuma asal bunyi…
    jadi inget HARMOKO..
    HARi-Hari pernuh Omong KOsong..
    Sepatutnya anda tuh takut sama Tuhan dan Nabi SAW yang sudah anda fitnah..
    bukannya langsung berusaha membela diri..
    atau diam itu Lebih Baik buat anda… karena sudah beberapa kali anda tidak bisa membuktikan ucapan anda …

    Berdakwah koq kena skak terus..??

  47. Fitnah-fitnah…
    Siapa yang mengumbar kata2 itu ya?
    Lha nggak bisa jawab aja malah puter2 balikin pertanyaan.
    Sudah menjadi tradisi… Basi….
    Siapa yang jadi pembelot Islam di sini ya?

  48. Diem semua khan?
    Abu Bakar adalah Khalifah pertama sesudah Nabi SAW wafat.
    Mana ada yang berani bilang Abu Bakar teroris?

  49. quote:
    Abu Bakar adalah Khalifah pertama sesudah Nabi SAW wafat.

    Jawab:

    Emang dia khalifah, tapi anda itu siapa? – pengikut Abu Bakar Bashir kali?

  50. Si Nabi Lama, ngomong apa sih?
    udah nggak karuan..
    disuruh membuktikan ucapannya sendiri aja nggak bisa..eh sok gaya mau berdakwah…
    Coba buktikan ucapan anda dibawah ini:
    “kami menjalankan apa yang dicontohkan Nabi SAW, kami harus membasminya”

    Berikan contoh menurut riwayat bahwa Nabi SAW pernah membasminya…
    (bukan ABu Bakar)
    Bisa?
    Kalau nggak bisa mulai sekarang mendingan ditutup tuh mulut…
    percuma ngomong kalo sering salah-salah !

  51. Sdr Alif, bisa tanya diri sendiri…Siapa yang banyak PR, saya atau Anda?

    Lha nggak bisa jawab aja malah puter2 balikin pertanyaan.
    Sudah menjadi tradisi… Basi….

  52. Perintah Nabi SAW untuk berjihad melawan kebathilan:

    “Abdullah bin Mas’ud berkata: saya bertanya kepada Rasulallah SAW apakah perkerjaan yang paling disukai oleh Allah? Rasulallah SAW menjawab: sholat tepat pada waktunya, saya bertanya lagi: lalu apalagi? Rasulallah menjawab: berbakti kepada kedua orang tua, saya bertanya lagi: lalu apalagi? Rasulallah SAW menjawab:
    berjuang dijalan Allah”. (H.R.Bukhari dan Muslim).

    Bukankah pembelotan terhadap Islam adalah kebathilan?

    Perhatikan hadist-hadist berikut:
    “Rasulallah SAW bersabda: Barang siapa menunjukkan kepada kebaikan maka baginya pahala seperti pahala orang
    yang mengerjakannya”. (H.R. Muslim).
    “Rasulallah SAW bersabda: Barang siapa ditanya tentang ilmu kemudian menyembunyikannya, maka ia akan dibelungu dihari kiamat nanti dengan belenggu api.”(H.R. Abu Daud dan Tirmidzi).

    Wallahualam,
    Salam,

  53. hihihi..masih berusaha copas yg sama sekali tidak ada hubungannya…
    yg diminta adalah bukti fitnah anda bahwa Nabi SAW pernah membasmi orang yang mengaku-ngaku Islam, seperti ocehan anda dibawah ini:
    “Tapi kalo menyangkut Islam, atau yang ngaku2 Islam, seperti Ahmadiyah, kami menjalankan apa yang dicontohkan Nabi SAW, kami harus membasminya”

    Saya tunggu..

  54. Akang Alif / Hendy,
    Kata siapa nggak ada hubungannya Kang, tindakan Abu Bakar tidak mungkin bertentangan dengan anjuran Nabi SAW. Jadi secara tidak langsung adalah tindakan yang dianjurkan/perintahkan oleh Nabi SAW.

    Capee dehh…

    Aku balikin deh ke topik awal. Bung Jusman protes dong kalo topiknya melenceng.

    Koreksi Al Quran terhadap Injil itu merupakan kepercayaan Islam. Ahmadi pun dengan berani mengkoreksi kepercayaan Islam yang tertulis di Al Quran, yang menjadi tradisi dari zaman Nabi SAW hingga hari kiamat.
    Nah… pantasnya Ahmadi jangan ndompleng nama Islam.

    Salam,

  55. Mas kalau nggak tau jangan sok tau pengetahuan ente cetek banget mending belajar dulu yang benar setelah tuh baru dibahas.

  56. Maklum nabi lama gak punya gawe, kesibukan dia cuma satu ngecablak doang.

  57. Quote ahmadi:
    Mas kalau nggak tau jangan sok tau pengetahuan ente cetek banget mending belajar dulu yang benar setelah tuh baru dibahas.

    Jawab:
    Ohhhh anda tahu banyak ya tentang pengetahuan keahmadiyahan…coba deh ente uji kemampian ente di http://islamic.us.to :D

    Quote Jack:
    Maklum nabi lama gak punya gawe, kesibukan dia cuma satu ngecablak doang.

    Jawab:
    hee…hee..apa bukan ente yg suka ngecablak doang :D
    coba deh uji kemampuan ente ttg keyakinan Ahmadiyah.
    Buat Ahmad dan Jack gw tunggu di http://islamic.us.to

  58. Quote ahmadi:
    Mas kalau nggak tau jangan sok tau pengetahuan ente cetek banget mending belajar dulu yang benar setelah tuh baru dibahas.

    Jawab:
    Ohhhh anda tahu banyak ya tentang pengetahuan keahmadiyahan…coba deh ente uji kemampian ente di http://islamic.us.to :D

    Quote Jack:
    Maklum nabi lama gak punya gawe, kesibukan dia cuma satu ngecablak doang.

    Jawab:
    hee…hee..apa bukan ente yg suka ngecablak doang :D
    coba deh uji kemampuan ente ttg keyakinan Ahmadiyah.
    Buat Ahmad dan Jack gw tunggu di http://islamic.us.to

  59. Shadows and adil itu gw fren…saya pikir tadi saya kena cekal. Makanya gw coba lagi pake ID adil.
    Buat Ahmadi and Jack….saya tunggu deh ente di http://islamic.us.to

  60. Tantanganmu kami sambut dg senang hati. Silakan tuan shadow buat topik disana duluan. Mau debat masalah tentang nabi Isa AS monggo…
    Tentang pendakwaan HMGA sebagai nabi juga monggo…
    Kami akan dibantu oleh mas Alif, jadi pasti anda akan keder.

  61. Tinggal pilih saja bang thread di http://islamic.us.to pasti gw tanggapi….hee…he…he…Alif lu bilang mau bantu…apa nggak salah denger….disono alif sudah keok bang. Apalagi Alif takut kemakan sumpahnya sendiri…hee…hee..hee

  62. Apa yang ente bisa andalin dari Alif….sekalian aja deh khalifah ente yang turun tangan :)

  63. Tinggal pilih saja bang thread yg ente kuasai. Klik disini http://z8.invisionfree.com/islamic/index.php?s=e01d4b43b8f2b004f7bd1098d2085171&showforum=7

    silahkan dipilih-diplih :) temen ane mila tuh sudah siap

  64. Quote Ahmadi:
    cetek banget
    Jawab:
    Alhamdulillah ada yang ngingetin saya, terima kasih. Nah, buat yang ingetin saya juga apa nggak ada kewajiban untuk belajar terus? Mandek ama doktrin2 Ahmadi? ;D
    Wassalam,

  65. bushit omong kosong loe!
    LOE BERANI Gak DEPAN W WYAKIN LOE GAK BERANI N GAK AKAN BERANI TAIIIIIIIIIII
    OMONG KOSONG SEMUANYA W GAK TERIMA LOE TAU GAK ASAL USULNYA?KALO LOE GAK TAU JANGAN NGOMONG!!!!!!!!! LOE PASTI ORANG KAFIR YA!GIMANA INDONESIA MAU MERDEKA!LKLO ORANGNYA KY LOE.
    W GAK BISA NGAPA2IN KECUALI NGEDOAIN LOE.
    BALEZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZZ

  66. Aduh teruknya apa yang cuba kamu perkatakan semua ini. Menjadi tanda tanya kepada saya, kenapa perlu kamu katakan semua ini? Lebih2 lagi kepada pengikut Kristus? Maksud saya bukan kamu seorang sahaja tetapi semua muslim pasti akan membandingkan agama kristian dengan Islam padahal kami penganut Kristian tidak pula belebih-lebih dalam hal ini, banyak lagi agama lain di dunia ini tapi yang pasti kamu muslim hanya membandingkan agama kamu sendiri dengan agama kristian…… Kalau boleh cuba kamu bandingkan dengan agama Buddha, dll banyak lagi lah….

  67. Mana hendy nggak pernah kliatan batang idungnya??
    Apa gue kate hen… ahmadiyah itu sesat.
    lo sih bebal dari dulu nggak percaya apa yg gw kate.
    Sekarang ente malu sendiri kan.. he he
    Tuh buktinye nggak berani muncul

    Salam buat ma suryawan ya
    Bilangin padanya : sakit hati nggak usah dipendam. Mending tobat ikut ajaran nabi Muhammad saw, bukan Mirza dari India…

    Cerioooo

  68. lebih baik anda jangan berbicara kekristenan jika anda tidak mengerti sama sekali apa itu kekristenan. hal kekristenan tidak sedangkal apa yang anda pikirkan dan anda tuliskan.

  69. Ya Tuhan maafkan lah mereka sebab mereka tidak tau apa yang mereka perbuat..

  70. ya….
    ya saya yakin teman2 kristen mampu menjawab 10 dalil yang dikutib oleh mas jusman diatas, dan saya rasa orang kristen harus kembali menggali pengetahuannya akan hal diatas. karena benar jika yesus tidak mati di kayu salib maka percuma lah iman orag kristen.
    tapi ya sayangnya 10 dalil diatas kembali diangkat tampa melihat referensinya, karena terutama point no 6
    ” Orang melihat di dalam keadaan tidak sadar maka dikira mati, lalu ia diturunkan” disini aga disayangkan karena ternyata penulis buku tidak mengiformasikan bagaimana proses hukuman salib pada jaman roma. Karena Orang yang disalib itu sebelum diturunkan kakinya harus dipatahkan terlebih fahulu dan perutnya harus ditusuk jadi artinya dalam keadaan hidup itu tidak mungkin. mungkin referensi yang paling bagus adalah passion of the christ karena itu menceritakan hampir secara nyata proses penyaliban…..
    nah kalo di point pertama diatas bahwa itu semua rekayasa orang yahudi agar yesus selamat..aga unik sebab yahudi begitu membenci Yesus..justru mereka menginginkan dia mati….kenapa justru menginginkan dia selamat.. jadi kadang teori / dalil yang diungkap diatas ngga kuat ini ya ngga papalah untuk penyegar….ngga perlu diambil panasnya…..
    salah satu perkataan yang saya sukai Yesus tidak membutuhkan penghormatan manusia untuk mengatakan Dia Tuhan…dan saya tidak perlu sampai harus berdebat mengenai ketuhanan itu sendiri atau doktrin saya tapi orang tidak melihat saya menghidupkan apa saya saya imani..tapi kalo mau berdikusi dengan sehat itu lebih baik dari pada pamer ilmu tapi dasar yang dipakai berbeda..jadi ngga yambung nantinya….hehehe…

  71. guoblok kabeh..emang Tuhan bikin kitab suci ?? emang Tuhan bikin akidah ?? ya engga lah !! Tuhan emang ada !! .wahyu nya ada dlm kitab suci , tapi pake otak dong…HANYA ADA SATU AGAMA—–> AGAMA KASIH SAYANG !!!! KALU LU MEREBUTIN NAMA ISLAM BERARTI LU BUKAN ORG BERAGAMA TAHU !! GOBLOK LUH..!!

    • bagi saya yang Islam yang mengimani Allah yang Ghaib saya katakan iya. yaitu melalui para utusannya (nabi) diturunkanlah ajaran-ajaran melalui kitab suci. melalui itu diajarkan kasih sayang, toleransi, amal saleh dll. jadi justru sya mendapatkan itu semua dari Allah. mengapa ada manusia2 yang tidak mencerminkan kasih sayang, adalah karena ajaran kasih sayang belum juga merasuk kalbunya.

      salam..

Tinggalkan Balasan