Agar Anak Tidak Terlalu Materialis

anak dan TelevisiAnak-anak adalah “tujuan ideal para pemasar”, karena anak masih sangat kecil pun kini menjadi “konsumen yang obsesif” , lapor surat kabar Kanada Globe and Mail, “dan belum ada cara yang efektif untuk menghentikan kecenderungan itu”. Akan tetapi, suatu tim profesor di Sekolah Kedokteran Universitas Stanford merasa bahwa mereka telah menemukan solusinya.

Sebuah kurikulum enam bulan yang bertujuan membantu anak mengurangi waktu untuk menonton TV serta membantu mereka bersikap lebih selektif terhadap apa yang mereka tonton. Pada akhir tahun ajaran, anak yang masuk program itu cenderung tidak meminta mainan baru kepada orang tua mereka. Menurut Globe, “Seorang anak pada umumnya menonton 40.00 iklan dalam setahun, peningkatan dari 20.000 iklan pada tahun 1970-an”.

Internationanl Obesity Task Force juga melaporkan, lebih 25 persen anak berusia 10 tahun di sejulah negeri mengalami kelebihan  berat badan atau kegemukan”. Malta (33 peren), Italia (29 persen), dan Amerika Serikat (27 persen) berada di urutan teratas dalam daftar itu. Di beberapa tempat di Afrika, lebih banayk dnak didapati kelebihan ketimbang kekurangan berat badan. Mengapa begitu banyak anak kegemukan?

“Pada umumnya anak-anak (AS) menonton 10.000 iklan makanan setiap tahun, 95 persen mengiklankan masakan siap saji, minuman ringan, permen dan sereal yang mengandung gula – semua produk yang sangat menguntungkan tetapi kurang bergizi,” jawab The Washington Post. “Kampanye pemasaran mengaitkan masakan siap saji dan minuman ringan dengan mainan, game, benda koleksi, film dna tokoh terkenal…tidakkah mengherankan bahwa anak-anak sekarang mengkonsumsi sekitar 15 persen kalori mereka dari masakan siap saji, 10 persen dari minuman ringan yang dimaniskan dengn gula dan mengkonsumsi hanya separuh dari jumlah buah dan sayur yang direkomendasikan?”

(Sedarlah, 8 Juli 2003)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: