Daya Pensucian Rasulullah s.a.w.

Atas pertanyaan orang-orang, Rasulullah saw. Bersabda: “Surah Hud telah membuat saya tua. Sebab, berdasarkan perintah itu, kepada saya telah diberikan tanggung-jawab yang besar ini.”

memperbaiki diri sendiri, sepenuhnya menerapkan perintah-perintah Allah ta’ala, sejauh berkaitan dengan diri sendiri, adalah mungkin saja untuk melakukannya. Namun, membuat orang-orang lain melakukan hal tersebut, tidaklah mudah.

dari hal itu dapat diketahui kemuliaan dan quwwat qudshi (kekuatan untuk mensucikan orang lain) yang dimiliki Rasulullah saw. Demikianlah, betapa beliau telah memenuhi perintah tersebut. Dari para sahabah beliau telah membentuk satu jamaah suci sehingga mereka itu disebut: “Kuntum khoiro ummatin ukhrijat linnaas. – kalian adalah sebaik-baik umat yang dilahirkan untuk manusia” (Ali Imran: 110). Dan mengenai mereka difirmankan: “Radhiyallahu anhum wa rodhu ‘anhu — Allah ridho terhadap mereka dan merekapun ridho kepada-Nya” (Al-Bayyinah: 8)

Dimasa kehidupan beliau saw tidak ada seorang munafikpun yang hidup di Madinah Thoyyibah. Ringkasnya, begitu hebatnya keberhasilan beliau saw sehingga tidak didapati bandingannya dalam kehidupan nabi manapun.

Tujuan Allah ta’ala yang terdapat dalam hal itu adalah, hendaknya jangan terbatas hanya pada ucapan dan pengakuan belaka. Sebab, jika kita terbatas hanya pada ucapan belaka, maka tidak ada lagi yang membedakan kita dengan pihak-pihak lainnya. Dan tidak ada kelebihan kita dari pihak lain.

Oleh sebab itu kita hendaknya memperlihatkan suri tauladan kita dalam hal amal perbuatan. Dan hendaknya timbul suatu kilauan cahaya sedemikian rupa dalam amal perbuatan kita sehingga pihak lain akan bersedia menerimanya. Sebab selama pada sehelai kain masih terdapat sebuah noda sekalipun, maka terasa tidak baik. Setiap orang menyukai barang yang baik. Demikian pula, selama akhlak-akhlak kita belum mencapai derajat yang tinggi, maka selama itu pula kita belum dapat mencapai tahap apapun.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: